Lho… Koq cakram SW ku gak mbaret…??

Dua hari ini ada yang aneh dengan dengan rem depan si Blackhawk atau SW ku. Ketika direm terdengar suara yang aneh….

Kampas rem yang musti diganti...

Mungkin kotor pikirku. Karena emang baru saja kehujanan berat… jadi aku cuci dan kusemprot pasti ilang… soalnya aku liat kampas remnya masih tebal…

Tapi, lho… hari ini ko masih bunyi… dan aku teliti pada piringan cakram ko agak baret…  wuih, bahaya nih… bisa tekor kalau cakramnya kemakan… aku cek lagi deh….

Weeee….  Ternyata dari dua keping kampas rem cakram itu, piringan yang satu emang udah habis…  kemarin aku hanya melihat keping kampas yang sebelah kiri saja yang masih tebal.. karena aku kira kedua keping kampas pasti habis bersamaan.

Bener deh…  langsung aja aku bawa ke bengkel dekat rumah..  tuk ganti kampas… eman-eman cakramnya to…

Ada 2 pilihan yang SGP harga 30rb dan yang merk biasa 20rb..  hampir salah mau dikasih kampas Spin yang ternyata harganya lebih mahal yaitu yang SGP harga 45rb…  Kampas Spin beda sama Skywave, kampas Skywave sama dengan kampas Shogun.  ( biaya sudah sama ongkos pasang   😀   )

Ternyata benar.. setelah dibongkar keping kampas yang satu telah habis, sedangkan yang satunya lagi masih tebal banget…

Ko bisa ya… ternyata salah satu kepingnya tidak ikut mencengram ketika direm… berarti selama ini ketika aku pake rem depan hanya menggunakan setengah dari kekuatan saja to…    ko aku bisa ng ngrasa…

Walau sepele, smoga tulisan ini bermanfaat…   :mrgreen:

Iklan

9 Tanggapan so far »

  1. 1

    si oom as varioputiih said,

    biasanya yang kemakan yang bagian kiri (kalo di varioku lo) dulu oom 😮

    nitip ya:
    http://varioputiih.wordpress.com/2011/03/03/mogok-di-tengah-jalan/

  2. 3

    Gokur said,

    kampas shogun sudah non asbestos makanya lebih mahal 10rb

    sedangkan kampas skywave masih asbestos. :p

  3. 5

    kenapa bisa cuma sebelah aja gitu om ya…kalipernya bermasalah kah

    http://extraordinaryperson.wordpress.com/

  4. 6

    Maskur said,

    itu barangkali kelemahan kaliper 2 piston

  5. 7

    Galih said,

    Kelemahan kaliper yang pistonnya cuma di satu sisi. Di kaliper itu ada 2 as yang harusnya lancar geraknya tapi mungkin karena kotor atau aus jadi seret. Solusinya bisa dikasih oli atau grease – walaupun ada beberapa orang yg nggak menyarankan ini – tapi asalkan oli nggak kena piringan cakram nggak ada masalah. CMIIW

  6. 8

    andika said,

    mungkin ada kerikil kecil nyangkut di kaliper mas bro

  7. 9

    SkyrideR said,

    @all…
    tampaknya gara-gara piston yang satunya macet.. setelah ganti kampas sekalian di kasih grase atau oli lancar lagi….


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: